Penjelasan Tentang Dewa Brahma



Di dalam ajaran agama hindu kita mengenal nama nya dewa brahma . Dewa brahma sangatlah terkenal karena beliau salah satu tri murti dan yang lain nya adalah dewa wisnu dan dewa siwa . Dewa brahma adalah dewa yang bertugas menciptakan bhuana agung dan bhuana alit . Di dalam kitab Mahabharata dan purana di jelaskan bahwa dewa brahma bertemu dengan dewa wisnu . Mereka saling mengaku sebagai penguasa alam semesta dengan cara melihat isi dari dalam tubuh masing- masing . Pertama-tama dewa wisnu masuk ke dalam perut dewa brahma melalui mulut dewa brahma . Di sana dewa wisnu melihat alam semesta setelah itu dewa wisnu pun keluar . Sebalik nya dewa brahma masuk ke dalam perut dewa wisnu , disana dewa brahma juga melihat isi alam semesta . Tetapi mulut dewa wisnu malah di tutup sebelum dewa brahma keluar dan akhir nya dewa brahma keluar melalui puser dewa wisnu dengan bunga teratai .


Dalam kitab suci Bhagawadgita Dewa Brahma muncul di dalam bab 8 (sloka ke 17 dan 18 ) , bab 14 ( sloka ke 3 dan 4 ) , bab 15 (sloka ke 16 dan 17) . Di dalam ayat-ayat tersebut ,  Dewa Brahma disebut sebagai Dewa pencipta yang menciptakan alam semesta atas berkah dari Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa . Dalam Bhagawadgita juga disebutkan siang hari bagi dewa brahma sama dengan satu Kalpa dan dewa brahma hidup selama seratus tahun Kalpa setelah itu beliau wafat dan dikembalikan lagi ke asalnya yakni Tuhan Yang Maha Esa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa .

Dewa Brahma seperti juga dewa siwa dan dewa wisņu . Beliau memiliki bermacam-macam nama sebutan, di antaranya adalah Atmabhu (yang ada dengan sendirinya), Annawurti (pengendara angkasa), Ananta (yang tiada akhir) , Bodha (guru), Bŗhaspat (raja yang agung), Dhata(pencipta), Druhina (sang pencipta), Hiranyagarbha (lahir dari telur emas), Lokesha(raja seluruh dunia), Prajapati (raja dari segala makhluk), dan Swayambhu (yang ada dengan sendirinya).

Binatang-binatang yang dijadikan sebagai kendaraan para dewa pada kenyataannya merupakan manifestasi dari sifat-sifat para dewa itu sendiri . Hamsa adalah simbol dari “kebebasan” untuk hidup kekal . Sifat seperti ini dimiliki oleh dewa brahma . Hamsa merupakan binatang yang dapat hidup di 3 alam .Di tempat air dapat berenang di air, di darat bisa berjalan , di udara terbang ke angkasa . Di air ia dapat berenang semaunya , di daratan bisa pergi kemana saja , dan di angkasa ia dapat terbang ke mana saja ia suka . Ia mempunyai kebebasan, baik di bumi , air maupun di angkasa.



Simbol-Simbol Dewa Brahma

1 . Empat Wajah

Empat wajah / empat kepala menggambarkan simbol dari empat weda (Reg weda , Sama weda , Yajur weda dan Atharwa weda) dan masing-masing muka menghadap kearah yang berbeda-beda yaitu arah utara , selatan , barat , timur . Karena memiliki empat kepala, brahma juga dikenal sebagai catur anana atau catur mukha atau asta karna (delapan telinga).

2 . Empat Tangan
  
Brahma empat lengan mewakili empat arah mata angin timur, selatan, barat, dan utara. Tangan kanan kembali merupakan pikiran, tangan kiri belakang mewakili kecerdasan, tangan kanan depan ego, dan tangan kiri depan kepercayaan diri.

3 . Manik-manik Doa

Manik-manik doa melambangkan zat yang digunakan dalam proses penciptaan.

4 . Buku - Buku
Buku-buku melambangkan pengetahuan.

5 . Emas

Emas-emas melambangkan kegiatan,  wajah emas dewa brahma menunjukkan bahwa Ia secara aktif terlibat dalam proses penciptaan alam semesta.

6 . Angsa

Angsa adalah simbol rahmat dan kebijaksanaan. Dewa brahma menggunakan angsa sebagai wahana (kendaraan)

7 . Mahkota

 Mahkota Brahma mengindikasikan otoritas tertinggi nya.

8 . Bunga Teratai

Bunga teratai melambangkan alam dan esensi hidup segala sesuatu dan makhluk di alam semesta.

9 . Jenggot

 Jenggot hitam atau putih dewa brahma ini menunjukkan kebijaksanaan dan proses abadi penciptaan.

Di dalam mitologi Hindu dikatakan bahwa wahana (kendaraan) dari dewa brahma adalah hamsa (angsa) . Beliau juga salah satu dari dewa seluruh penjuru atau di sebut dewata nawa sanga . Dewa Brahma juga berkuasa di arah selatan .  Dewa brahma juga di sebut dewa pengetahuan dan bijaksana dengan di bantu sakti nya yaitu dewi saraswati sebagai dewi yang menurunkan segala ilmu pengetahuan ke dunia . Dewa brahma bersenjatakan gada dengan berwarna merah dan bersimbol huruf a (ang) . Di Bali sendiri beliau di puja di pura andakasa yaitu di wilayah kabupaten karangasem . Dewa brahma memiliki sepuluh putra dan satu putri dinamakan Shatrupa yaitu, Marichi, Atri, Angirasa, Pulaha, Pulasthya, Krathu, Vashista, Prachethasa, Bhrigu, Narada

Sekian dari artikel kali ini yang membahas tentang dewa brahma , apabila mau di tambahkan bisa menulis nya di kolom komentar .

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Penjelasan Tentang Dewa Brahma"

  1. I went over this website and I believe you have a lot of wonderful information, saved to my bookmarks dewapoker

    ReplyDelete