Tri Kaya Parisuda dan Bagiannya



Sebagai manusia kita harus bisa mengontrol atau mengendalikan setiap perbuatan yang akan kita jalankan baik itu pikiran , perkataan , dan perbuatan dari tingkah laku kita . Biasanya setiap jalan yang akan kita ambil berawal dari pemikiran kita setelah itu akan berlanjut ke perkataan setelah perkataan langsung ke perbuatan sehingga menimbulkan akibat dari hal yang kita lakukan baik maupun buruk nya tergantung sebab nya . 

Di dalam ajaran agama hindu kita mengenal dengan adanya tiga jenis tindakan yang menimbulkan akibat . Tiga hal tersebut adalah Tri Kaya Parisuda yang memiliki arti tiga jenis bentuk tindakan yang merupakan landasan ajaran agama hindu untuk menjalankan hidup di dunia ini guna mencapai kesempurnaan hidup dan kesucian .

Adapun Bagian Tri Kaya Parisuda :

1 . Manacika



Manacika adalah suatu tindakan berpikir seseorang antara baik maupun buruk . Setiap tindakan pasti berawal dari pikiran kita oleh sebab itu maka kita harus berpikir yang baik tidak berpikir yang buruk . Pikiran baik bisa kita latih dengan cara banyak meditasi atau dengan cara menenangkan diri kita supaya tidak ada nya pengaruh yang lain .

2 . Wacika



Wacika adalah suatu perkataan yang di ucapkan baik maupun buruk suatu ucapan tergantung kita mengucap dan mengartikan nya . Setiap orang pasti menginginkan perkataan yang jujur dan baik walaupun bila kita harus jujur dan menyakitkan perasaan orang lain tetapi perkataan itu cuman menyakitkan nya cuman sesaat saja .

3 . Kayika



Kayika adalah suatu tindakan atau perbuatan yang kita jalankan baik maupun buruk tergantung orang menilai . Contoh nya kita mengambil kotoran , ada orang yang bilang kalau mengambil kotoran itu adalah hal yang jelek atau tidak baik tergantung sekarang mau di letakan di mana . Misal nya kotoran yang tadi di ambil di taruk di rumah jelas itu kelakuan yang menyimpang dan sangat jelek tetapi bila kita menaruh nya di tanaman pasti tumbuhan tersebut menjadi subur dan bermanfaat untuk kita jadi itu termasuk perbuatan yang baik dan bagus . Kesimpulan nya perbuatan itu di nilai dari dari mana sudut pandang kita melihat .

Dari ketiga bagian tri kaya parisuda itu sangatlah berhubungan satu sama lain . Untuk mencapai keharmonisan di dalam dunia ini kita harus selaras dengan pikiran , perkataan , dan perbuatan kita . Bila kita sudah berpikir yang baik , kita pasti akan berkata yang baik pula dan melakukan perbuatan yang baik juga . 

Nah itu lah penjelasan tentang mengenai tri kaya parisuda dan bagiannya . Semoga article kali ini bermanfaat bagi yang membaca nya

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tri Kaya Parisuda dan Bagiannya"

Post a Comment