Panca Nrta



Di dalam agama hindu kita pasti sudah di ajarkan yang baik-baik dan salah satu nya tidak boleh berbohong , eits anda harus tau juga ada kebohongan yang di perbolehkan dalam ajaran agama hindu . Apa itu ???. Kita biasa nya menyebutnya panca nrta , apa sih pancanrta tersebut ????. Nah kali ini kita akan membahas pancanrta .



Panca Nrta adalah lima kebohongan yang di perbolehkan di dalam ajaran agama hindu dan tidak termasuk dosa . Seperti hal nya dalam kisah mahabratha dimana srikresna yang jelmaan dewa wisnu meminta yudhistira untuk berbohong atas kematian aswatthama untuk mengalahkan guru nya drona supaya keinginan untuk hidup nya tidak ada dan bisa memenangkan peperangan .
Bahkan dalam Canakya Niti Sastra sloka 12 bab VII berbunyi

“Natyantam saralair bhavyam”
“Gatva pasya vanasthalim “
“Chidyante saralas tatra”
“Kubjas tisthanti padapah”
  
Arti dari sloka tersebut adalah janganlah hidup terlalu lurus atau terlalu jujur , sebab begitu anda pergi kehutan anda akan melihat pohon-pohon yang lurus pasti akan di tebang sedangkan pohon-pohon yang bengkok di biarkan untuk hidup .  Ini sama dengan hal dengan hidup di dunia kalau terlalu jujur pasti akan di manfaatkan orang . 





Bagian-Bagian Panca Nrta :

1.  Berbohong Kepada Anak-Anak



Contohnya tidak boleh menduduki bantal dengan pantat nanti bakalan bisulan secara logika dan ilmu kedokteran tidak ada orang dengan menduduki bantal akan mengalami bisul , bisul itu ada karena bakteri . Ini dilakukan oleh orang yang lebih tua supaya anak kecil itu bias menjaga sopan santun nya .

2.  Berbohong Dalam Berdagang



Untuk memperoleh penghasilan dengan mendapatkan untung atau laba seorang pedagang di hitung dari harga pokok di tambah biaya transport dan ongkos turun naikan mesti melakukan perbuatan berbohong bila menggunakan harga pokok pasti pedagang tersebut tidak mendapatkan apa-apa bahkan merugi dan tidak bisa menghidupi keluarganya . Maka dalam hal ini berbohong di perbolehkan .

3.  Berbohong Kepada Musuh



Contoh nya di dalam medan perang untuk menyelamatkan jiwa banyak orang di dalam perang kita mesti berbohong seperti yang di lakukan oleh yudhistira yang di perintahkan oleh sri kresna penjelmaan dewa wisnu



Contoh lain nya juga ketika ada perampokan di dalam rumah nyawa kita terancam kita boleh berbohong pada perampok tersebut supaya nyawa kita dalam keadaan aman .Katakan saja bahwa kita seorang pembantu dan tidak tau apa-apa dengan hal tersebut .

4.  Berbohong Kepada Pasangan



Berbohong kepada pasangan ini di perbolehkan untuk menjaga keharmonisan di dalam rumah tangga . Contoh nya saat istri sedang membuat masakan untuk suami nya supaya hubungan dalam rumah tangga tersebut harmonis seorang suami harus berbohong dan memuji masakan sang istri padahal masakan istri sangat lah tidak enak kebanyakan garam dll .

5.  Berbohong Kepada Orang Sakit



Berbohong kepada orang sakit ini di perbolehkan untuk kepentingan diri nya , bahkan di dalam ilmu kedokteran juga ada karena bila si penderita mengetahui sakit nya bisa-bisa dia terlalu memikirkan nya dan hormon yang ada di kepala membuat dia mengalami ke stresan dan malah bisa tambah parah .
Contoh lain nya juga ketika memberikan obat kepada anak kecil kita mengatakan bahwa obat tersebut sangatlah manis seperti permen padahal obat itu pahit tapi demi anak tersebut sembuh ini boleh di lakukan .

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "Panca Nrta "

  1. baru tau kalau dalam ajaran agama hindu boleh berbohong , di pikir secara logika juga emang bener sih . Thanks informasi nya sangatlah bermanfaat

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya emang ada , anda bisa berkunjung kemari terus kalau ingin mengetahui tentang agama hindu makasi :)

      Delete