Dewi Pengetahuan Adalah Dewi Saraswati Dalam Ajaran Agama Hindu



Di dalam ajaran agama hindu kita pasti sudah mengenal nama nya dewi saraswati . Dewi saraswati ini biasanya kita peringatkan pada hari saraswati dan pada saat hari saraswati di anggap pula turun nya ilmu pengetahuan ke dunia . Dewi ini sangat mirip dengan sosok Apollo dari yunani . Dewi saraswati termasuk dalam tri dewi yang merupakan saktinya trimurti . Selain dewi saraswati ada juga dewi laksmi dan dewi durga yang merupakan tri dewi .Dewi saraswati adalah dewi yang sakti dewa brahma  . Dewi saraswati ini di kaitkan dengan dewi yang sangat cantik dengan kulit putih dan sangat bersinar bagaikan sinar bulan . Dewi saraswati di anggap sebagai ibu dari weda-weda yang ada yang berisikan teks-teks suci di dalam agama hindu .



                Dewi saraswati sendiri di kaitkan dengan sungai di india yaitu sungai saraswati yang merupakan sungai ghagagar-hakra atau sungai helmend di india jaman modern ini . Dewi saraswati di gambarkan sebagai dewi yang sangat aktif dalam hal yang berkaitan dengan air . Ada pun makna dan simbol dari dewi saraswati .

Makna dari simbol-simbol nya :

1 .  Wanita cantik mempunyai arti simbolis, bahwa ilmu pengetahuan itu bersifat mulia, luhur dan menarik.

2 .  Bertangan empat adalah lambang dari Catur Weda Samhita, yaitu : Reg Weda, Sama Weda, Yajur Weda dan Atharwa Weda, yang merupakan sumber ilmu pengetahuan suci Agama Hindu yang memuat kumpulan sabda-sabda Tuhan.

3 .  Pustaka atau Cakepan adalah simbol ilmu pengetahuan dan kebijaksanaan.

4 .  Aksamala atau Genetri, melambangkan konsentrasi atau meditasi.

5 .  Wina adalah simbul Rta yaitu hukum alam yang abadi dan juga melambangkan nada Brahman yaitu suara suci OM, yang merupakan musik alam semesta atau musik angkasa.

6 . Angsa adalah lambang “wiwekajnana” yaitu kemampuan untuk membedakan diantara yang baik dan buruk, benar dan salah, serta mampu memisahkannya.

7 . Teratai, adalah lambang kesucian.

8 . Burung Merak, adalah lambang kewibawaan

Nah itulah penjelasan tentang dewi saraswati atau dewi pengetahuan di dalam ajaran agama hindu

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Dewi Pengetahuan Adalah Dewi Saraswati Dalam Ajaran Agama Hindu"

Post a Comment