Tri Purusa dan Bagiannya



Di dalam ajaran hindu kita mengenal istilah kata tri purusa . Apasih arti dari tri purusa itu ?. Tri purusa adalah tiga sifat tuhan dalam bentuk dewa siwa . Ketika kita sembahyang ataupun berwisata kepulau bali tepat nya di pura besakih . Di penataran agung nya kita bisa melihat 3 padma yang berbeda warna , itu adalah bukti bahwa persembahan terhadap dewa siwa yang memiliki 3 macam . Langusng saja kita akan menjelaskan tri purusa dan bagian-bagiannya .




Bagian-bagian dari tri purusa :



1 . Parama Siwa

Parama siwa adalah tuhan atau ida sang hyang widhi wasa yang tidak terpikirkan, murni, abadi, tak terbatas, memenuhi segalanya, jiwa segala jiwa tidak berawal dan berakhir (Anadi Ananta)  . Beliau tidak memiliki sifat atau kosong. Ia adalah kesadaran tertinggi yang bersifat transenden. Tuhan dalam wujud Parama siwa tidak bisa dipikirkan sehingga disebut Nirguna Brahman. Bahkan para orang pinter di muka bumi ini tidak mengetahui bentuk sesungguh nya dari tuhan . Kuning adalah symbol untuk parama siwa .

2. Sada Siwa

Sada siwa disebut juga Saguna Brahman yaitu tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang telah dipengaruhi oleh maya namun menguasai maya sehingga memiliki kemahakuasaan yang tidak terbatas. Dalam keadaan seperti ini beliau juga disebut Apara Brahman yaitu tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa yang menciptakan, pemelihara dan pelebur alam beserta isinya. Hadir di mana mana, Maha Tahu, Maha Kuasa, pengendali alam semesta dan jiwa perseorangan, penguasa hukum alam (Rta), serta mengatur alam sehingga menjadi harmonis. Merah adalah symbol untuk sada siwa

Sadasiwatattwa adalah Paramasiwatattwa yang telah terkena pengaruh maya sehingga Ia memiliki guna, sakti dan swabhawa. Guna adalah hukum kemahakuasaan nya sendiri. Karena itu Sadasiwa masih berkuasa atas guna nya. Dalam keadaan seperti ini Ia disebut Siwa-swayaparah, Paramasiwa yang telah menyatu dengan saktinya, sehingga Beliau dapat mencipta (Utpati), memelihara (Sthiti), dan melebur (Pralina) alam semesta beserta isinya.

Sada siwa adalah hakikat nya kesadaran aktif . Kesadaran aktif nya adalah sarwajnana dan sarwakaryakarta. Sada siwa adalah Bhatara Siwa yang beratribut karena laksananya Saguna. Arti nya beliau yang bersifat serba maha tahu, sempurna, kuasa, dan karya . Dengan atribut nya inilah eksistensi Tuhan diketahui . Tuhan dalam wujud Sadasiwa dalam menjalankan kemahakuasaannya dibantu tiga hal, yaitu: Guna, Sakti, Swabhawa.

Tuhan dalam wujud Sada Siwa memiliki Sakti yang dsebut dengan  Cadu Sakti, yaitu empat kekuatan dan keistimewaan Tuhan Sada Siwa secara lahir bathin. Adapun yang dimaksud Cadu Sakti, yaitu:

1.  Wibhu Sakti

Wibhu Sakti arti nya Tuhan Maha Ada yang memenuhi dan meresapi seluruh bhuana/dunia dan berada dimana-mana, tidak terpengaruh dan tidak berubah ("Wyapi Wyapaka Nir Wikara") dan tidak ada tempat yang kosong bagi Beliau karena beliau memenuhi segalanya. Beliau ada di dalam dan di luar ciptaan-Nya.

2. Prabhu Sakti

Prabhu Sakti arti nya Tuhan Maha Kuasa yang menjadi raja dari segala raja (Raja Diraja),  yang menguasai segalanya baik dalam hal penciptaan (Utpetti), pemeliharaan (Stiti), dan Pelebur (Prelina).

3. Jnana Sakti

Jnana Sakti arti nya Tuhan Maha Tahu yang mengetahui segala sesuatu yang terjadi baik di alam nyata maupun tidak nyata, yang terjadi di masa lampau(Atita), yang sedang terjadi (Nagata), ataupun yang akan terjadi (Wartamana).

4 . Krya Sakti

Krya Sakti arti nya Tuhan Maha Karya yang setiap saat tidak pernah berhenti melakukan aktifitas baik dalam penciptaan, pemeliharaan, pelebur, pengawasan, penjagaan, sutradara dalam sandiwara kehidupan (demi memberikan pembelajaran dan pengetahuan) dan segala aktifitas lainnya.

Tuhan dalam wujud Sada Siwa memiliki Swabhawa yang bernama Astaiswarya yang artinya delapan kemahakuasaan dan keistimewaan Tuhan. Adapun yag dimaksud yaitu:

1.  Anima
Anima arti nya sifat tuhan bagaikan setiap atom yang mempunyai kehalusan yang bahkan lebih halus dari partikel apapun

2. Lagima
Lagima arti nya sifat tuhan yang sangat ringan bahkan lebih ringan dari bulu atau kapas

3. Mahima
Mahima arti nya sifat tuhan dapat memenuhi segala ruang, tidak ada tempat kosong bagi beliau

4. Prapti
Prapti arti nya sifat tuhan segala tempat bisa dicapai,  beliau dapat pergi kemanapun yang dikehendaki dan beliau telah ada.

5. Prakamya
Prakamya arti nya sifat tuhan segala kehendak nya akan selalu terjadi.

6. Isitwa
Isitwa arti nya sifat tuhan merajai segala-gala nya, dalam segala hal yang paling utama

7. Wasitwa
 Wasiwa arti nya sifat tuhan menguasai dan dapat mengatasi apapun.

8. Yatrakamawasayitwa
Yatrakamawasayitwa arti nya sifat tuhan tidak ada yang dapat menentang kehendak nya.

Kedelapan sifat keagungan Ida Sang Hyang Widhi Wasa ini, disimbulkan dengan singgasana teratai (padmasana) yang berdaun bunga delapan helai (astadala) . Singgasana teratai adalah lambang kemahakuasaan nya dan daun bunga teratai sejumlah delapan helai itu adalah lambang delapan sifat agung/ kemahakuasaan (Astaiswarya) yang menguasai dan mengatur alam semesta dan semua makhluk .

3. Siwatma

Siwatma atau disebut atmika adalah tuhan atau ida sang hyang widhi wasa yang telah diliputi oleh maya .  Beliau bercirikan Utaprota ibarat permata bening jernih yang di lekati warna sehingga kejernihannya hilang dan tidak di kenali lagi. Beliau telah bersatu dengan maya sehingga menjadi tanpa berkesadaran (Awidya), menjadi jiwa semua makhluk. Hitam adalah symbol untuk siwatma



Nah itulah penjelasan tentang mengenai tri purusa danbagiannya .

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Tri Purusa dan Bagiannya"