Tri Rna Dan Bagiannya


Tri Rna Dan Bagiannya – Di dalam ajaran agama hindu sejak kita sekolah di bangku SD (Sekolah Dasar) kita sudah di ajarkan apa pengertian tri rna dan bagiannya , akan tetapi ada kalanya kita sudah lupa dengan pelajaran yang sangat lama tersebut . Dengan di jaman teknologi yang canggih ini kita akan di mudahkan untuk mengetahui kembali tentang agama hindu melalui media internet dengan cara browsing di internet . 



Tri Rna berasal dari bahasa sangsekerta yaitu “Tri“ dan “Rna“ dimana tri artinya tiga dan rna artinya hutang . Jadi dapat kita simpulkan pengertian tri rna adalah tiga hutang yang dimiliki oleh manusia sejak di lahirkan di dunia ini  . Tri Rna terdiri dari Dewa Rna , Pitra Rna , dan Rsi Rna .

Bagian-Bagian Tri Rna :

1. Dewa Rna

Dewa Rna adalah hutang yang di miliki oleh manusia kepada sang pencipta (ida sang hyang widhi wasa) karena beliau telah memberikan percikan kecil dari bagiannya yaitu atman . Bukannya hanya itu saja tetapi beliau juga telah menciptakan alam semesta beserta isinya untuk kita para manusia bisa bertahan hidup di dunia ini . 

2. Pitra Rna

Pitra Rna adalah hutang yang dimiliki oleh manusia kepada leluhur . Kata Pitra berasal dari bahasa sansekerta “Pitr” yang berarti ayah atau bapak , bentu jamaknya adalah “Pitara” yang berarti nenek moyang atau leluhur . Sehingga hutang yang dimaksud disini adalah hutang yang di mulai dari kandungan ibu dimana kita telah di rawat di dalam kandungan ibu dan tumbuh besar menjadi anak yang suputra sampai tingkat di atasnya atau nenek moyang .

3. Rsi Rna

Rsi Rna adalah hutang yang dimiliki oleh manusia kepada seseorang yang telah mengajari kita tentang ilmu pengetahuan seperti rsi , guru , dan pendeta . Pada jaman dahulu dikenal dengan sebutan “Wipra” . Wipra adalah orang bijaksana yang menerima wahyu langsung dari Tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa seperti mantra-mantra suci dalam kitab suci weda dan diberi gelar Maharesi (Resi yang Besar) . Seseorang yang bertugas sebagai pendeta , pandita bhagawan dan lain-lainnya yang bukan menirma anugrah wahyu pertama dari tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa disebut Rsi .


         Nah itulah pengertian Tri Rna dan Bagiannya . Tri Rna sangat erat hubungannya denga Panca Yadnya karena untuk membayar hutang kita , kita harus melakukan yadnya . Yadnya sendiri terbagi menjadi 5 bagian yang di sebut Panca Yadnya . Untuk mengetahui cara membayar hutang tersebut kalian bisa membaca artikel saya yang berjudul “PENGERTIAN PANCA YADNYA , BAGIAN-BAGIANNYA , BESERTA CONTOHNYA” . Tinggal di klik saja di bagian judul tersebut . Terimakasih telah membaca artikel yang saya buat .

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Tri Rna Dan Bagiannya "

Post a Comment