Tri Murti Dalam Agama Hindu


Di dalam agama hindu kita banyak mengenal para dewa-dewa yang memiliki tugas yang berbeda-beda . Hidup para dewa di kahyangan ( Surga Loka ) . Dewa di anggap suci kadang dewa di sebut tuhan . Bila di Indonesia kita menyembah para dewa tetapi kalau di india cuman menyembah satu dewa . Di dalam agama islam dan nasrani , dewa dapat di katagorikan seperti malaikat-malaikat yang memiliki tugas yang berbeda-beda .

Dewa Tertinggi Dalam Agama Hindu



Di lihat dari ajaran agama hindu kita mengenal banyak dewa dan masing-masing dewa memiliki tugas nya masing-masing . Ada pula dewa seluruh penjuru atau yang sering di sebut dewata nawa sanga . Di dalam dewata nawa sanga ada 3 dewa tertinggi yang sering di sebut dengan tri murti dengan memegang kuasa penuh terhadap tugas-tugas berat  . Tri murti sendiri adalah 3 bentuk kekuatan manifestasi tuhan atau ida sang hyang widhi wasa dalam menciptakan , memelihara , dan melebur alam beserta isinya .

Bagian-Bagian Tri Murti :




Dewa Brahma adalah dewa yang tugas nya menciptakan (Utpathi) seluruh alam semesta beserta isi nya . Sakti nya dewa brahma adalah dewi saraswati yang merupakan dewi ilmu pengetahuan yang di peringati pada hari saraswati . Dewa brahma memiliki symbol huruf a (Ang) , memiliki warna merah , bersenjata gada dan berkendaraan angsa .




Dewa wisnu adalah dewa yang bertugas nya untuk memelihara (Striti) seluruh alam semesta beserta isi nya . Di ceritakan bahwa dewa wisnu pernah menjelma ke dunia untuk menyelamatkan bhuana agung dan bhuana alit dari kehancuran yang sering di sebut dengan awatara . Sakti nya dewa wisnu adalah dewi sri atau di sebut juga dewi laksmi yang merupakan lambang dari padi . Dewa wisnu memiliki symbol dengan huruf u (Ung) , memiliki warna hitam , bersenjatakan cakra dan mengendarai burung garuda .

 3 . Dewa Siwa



Dewa siwa adalah dewa yang memiliki tugas untuk melebur atau menghancurkan (Pralina) semua ciptaan dewa brahma yang sudah usang jika waktu nya sudah tiba . Sakti nya dewa siwa adalah dewi uma atau dewi parwati atau dewi durga . Dewa siwa memiliki symbol dengan huruf m (Mang) , memiliki warna brumbun atau semua warna dalam dewata nawa sanga , bersenjatakan padma dan mengendarai lembu (sapi putih) .

Apabila simbol-simbol dari ketiga dewa tersebut di sebutkan maka akan berbunyi ang , ung , mang atau bisa di sebut aum (om) yang arti nya simbol suci atau simbol tuhan di dalam ajaran agama hindu . Setiap kita mengucapkan mantra-mantra dalam ajaran agama hindu pasti kita menyebutkan kata om itu arti nya kita menyebutkan tuhan sebelum dan sesudah mantra-mantra itu . Nah itulah penjelasan tentang tri murti dalam artikel ini .

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

1 Response to "Tri Murti Dalam Agama Hindu"