Peninggalan Yang Mengandung Nilai-Nilai Ajaran Agama Hindu Di Wilayah Mahenjodaro Dan Harappa


Dalam artikel kali ini kita akan membahas tentang beberapa peninggalan yangmenunjukkan mengandung nilai-nilai ajaran agama hindu di wilayah mahenjodarodan Harappa yang telah di teliti dan di temukan oleh para ahli arkeolog . Diantaranya :


1 . Dengan di temukannya arca manusia berkepala tiga , bertangan empat , beridiri dengan kaki kanan dan kaki kirinya terangkat ke depan . Bentuk arca ini mengisnpirasi kepada kita bahwa adanya arca Siwanatharaja . Arca Siwanatharaja merupakan perwujudan dari adanya pemujaan terhadap Dewa Siwa atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa sebagai sang raja dari alam semesta . Kemungkinan besar juga perkembangannya sampai di wilayah Indonesia khususnya wilayah Bali yang mana mengingatkan kita pada fungsi arca Sang Hyang Acintya .

2 . Di temukan beberapa lembar materai yang berisi hiasan burung elang kepalanya menghadap ke kiri atas , di atas kepalanya terdapat hiasan ular dan sedang mengembangkan sayapnya . Diperkirakan konsep inilah yang member inspirasi pada hiasan burung garuda bersama dengan para naga yang terdapat dalam kitab Itihasa .

3 . Dengan ditemukan beberapa materai yang menggambarkan orang yang sedang duduk bersila , berwajah tiga dengan memiliki dua tanduk dan kepalanya meruncing ke atas kemudian di kelilingi oleh para binatang-binatang seperti gajah , lembu (sapi) , harimau dan badak . Konsep inilah diperkirakan member inspirasi kepada kita semua tentang pemujaan kepada Dewa Siwa dalam manifestasinya sebagai Sang Hyang Pasupati . Ada juga yang materai yang telah di temukan berisi lukisan pohon yang berdekatan dengan seorang Dewa . Konsep ini kemudian dapat dikaitkan dengan keberadaan pohon Kalpataru atau pohon sorgawi . Pohon Kalpataru ini di yakini oleh umat hindu dapat mengabulkan semua keinginan manusia seperti yang terdapat dalam kitab Ithihasa .


4 . Ditemukan bangunan-bangunan rumah yang sudah mempunyai tata ruang dan tata letak yang sangat baik . Hal ini dapat di lihat dari letak bangunan dan kamar-kamar yang memiliki fungsi-fungsi yang berbeda-beda . Di samping itu juga ditemukan ada jalan-jalan lebar dan lurus serta di samping kiri dan kanan dari jalan tersebut sudah dilengkapi dengan selokan yang berukuran sangat dalam yang berfungsi sebagai pembuangan air limbah dan air hujan .




5 . Ditemukan sebuah arca yang menggambarkan sosok pria tua yang memiliki janggut dengan menggunakan sebuah jubah dan arca seorang wanita yang memiliki bentuk tubuh agak gemuk . Kedua arca tersebut dinamakan arca Terracota yang bahannya di buat dari tanah liat kemudian di bakar . Ditafsirkan arca pria tua yang memiliki janggut itu adalah arca sosok tokoh spiritual sedangkan arca seorang wanita itu di perkirakan sebagai arca dewi kesuburan .

6 . Ditemukan beberapa jenis permainan anak-anak yang terbuat dari bahan dasar tanah liat yang kemudian di bakar . Disamping itu juga ditemukan kolam “Latra” lengkap dengan pancurannya yang dimungkinkan sebagai tempat pemandian umum atau sebagai taman yang disucikan untuk memandikan arca-arca Dewa .

7 . Ditemukan sandal yang terbuat dari bahan kaca . Penemuan ini memberikan bukti kepada kita bahwa peradaban lembah sungai Sindhu memiliki nilai kemajuan yang sangat tinggi

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Peninggalan Yang Mengandung Nilai-Nilai Ajaran Agama Hindu Di Wilayah Mahenjodaro Dan Harappa"

Post a Comment